Menghilangkan Bulu dengan IPL Treatment

Bagi beberapa orang, bulu halus yang tumbuh pada beberapa area tubuh, seperti wajah, ketiak, tangan, dan kaki, dianggap mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Untuk menghilangkan bulu halus tersebut, ada beragam teknik yang bisa dilakukan. Salah satu yang dinilai efektif menghilangkan bulu dengan IPL treatment.

Treatment IPL yang cocok untuk ini adalah intense pulsed light hair removal. Intense pulsed light (IPL) hair removal adalah teknik penghilang bulu yang memanfaatkan spektrum cahaya dengan intensitas tinggi. Meski teknik IPL hair removal mirip dengan terapi laser, kedua perawatan ini sebenarnya memiliki perbedaan.

Mirip seperti terapi laser, intense pulse light hair removal juga memanfaatkan gelombang cahaya dengan intensitas tinggi untuk menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh. Selain itu, perbedaan utama dari IPL dan laser adalah jenis cahaya yang dipancarkan. Pada terapi laser, digunakan satu jenis gelombang cahaya untuk menghilangkan bulu pada area kulit tertentu.

Sedangkan pada terapi IPL hair removal, digunakan bermacam-macam gelombang cahaya, sehingga cangkupan areanya lebih luas. Selain dapat mencakup area yang lebih luas, IPL juga lebih minim resiko efek samping dibandingkan terapi laser.

Meski tergolong tindakan yang aman, namun terdapat beberapa resiko dan keluhan yang akan ditimbulkan jika menghilangkan bulu dengan IPL treatment ini:

• Nyeri pada bagian yang diterapi
  • Bengkak
  • Warna kulit tidak rata
  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Jaringan parut
  • Luka

Meski begitu, semua risiko tersebut sangat jarang terjadi, karena gelombang cahaya yang digunakan dalam terapi IPL cukup aman untuk semua jenis kulit. Selain untuk menghilangkan bulu halus di tubuh, terapi intense pulsed light juga sering digunakan untuk tujuan lain yang masih berhubungan dengan kecantikan, di antaranya:

• Menyamarkan Kerutan dan Garis Halus

Salah satu manfaat terapi IPL di bidang kecantikan adalah untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus. Dengan terapi IPL, tanda penuaan tersebut akan tersamar dan kulit akan terasa lebih kencang.

Terapi IPL juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena cahaya yang dipancarkan oleh alat IPL dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

• Menghilangkan Noda Hitam dan Meremajakan Kulit

Terapi IPL juga diketahui efektif untuk menghilangkan noda hitam dan bercak kemerahan di permukaan kulit. Cahaya yang dipancarkan oleh mesin IPL juga dapat merangsang produksi kolagen di kulit, sehingga kulit terlihat menjadi lebih muda.

Intense pulse light hair removal bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bulu yang relatif aman. Selain itu, teknik IPL juga dapat kamu manfaatkan untuk berbagai treatment kecantikan lain. Jika Anda tertarik untuk menjalani terapi IPL, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit atau dokter kecantikan yang ada di Jglow Aesthetic Clinic terlebih dahulu agar hasilnya sesuai yang kamu harapkan dan efek sampingnya minimal.